Blogger Tricks
Tuesday, 6 May 2014

Ujian nasional?

Total seratus dua puluh soal yang diacak-acak dalam sistem berpuluh-puluh paket yang kita enggak tau itu paket berapa, semua itu dikerjakan dalam kurang lebih total 480 menit, dengan tanpa bantuan di sekitar lo, wajib ada dua buah pensil dan sebuah penghapus ( yang biasanya dipakai penghapus untuk UN ), dua pengawas yang kemungkinan besar banget enggak lo kenal, tambahan pengawasan kamera CCTV dari belakang, dan sebuah kartu peserta Ujian Nasieonal yang harus dijaga seperti bayi, karena "tidak ada penggantinya".

Persiapannya juga butuh berbulan-bulan, padahal mengerjakannya hanya butuh waktu 480 menit kurang lebih. Juga kalau setiap soal salah, nilai akan berkurang 0,2. Salah lima berati 1,0. Juga belum lagi kalau entar ada kesalahan soal dan bingung mau diapain.

Juga, kalau nilainya enggak sesuai yang diharapkan, ujung-ujungnya kadang terpaksa menerima itu. Kenapa "terpaksa menerima itu"? Karena kalau enggak sesuai harapan, otomatis bisa aja enggak masuk SMA yang diinginkan. Belum lagi kalau misalkan lo ada janji dengan orang tua, kalau masuk SMA ini, bakalan dibelikan sesuatu, kalau enggak masuk, malah enggak dapat. Nyesek lagi ujung-ujungnya.

Itu masih lebih baik rasa sakitnya dirasakan setelah bertempur. Kalau sebelum bertempur udah kena rasa sakit duluan, kaya misalkan lo diputusin sama pacar lo dengan alasan "mau fokus UN", itu.. Sulit.
Kepikiran kenangan-kenangan saat mengerjakan soal. Itulah kebanyakan yang terjadi.

Namun, ada juga terjadi ketika pengawas memberi kesempatan untuk para peserta memperbolehkan untuk mencontek. Mengherankan, namun keren bagi para peserta itu. Hanya terjadi sangat sedikit seperti itu. Dan, terlalu jarang ada kelas yang beruntung bisa seperti itu.

Dan, angkatan '14 sekarang ini sekarang sedang belajar Bahasa Inggris kemungkinan saat gue ngepost ini. Atau, bisa aja sedang belajar yang lebih sulit, IPA.
Atau, sedang stress karena memikirkan soal-soal matematika yang baru saja dikerjakan pagi tadi, dengan dua buah soal "tingkat internasional" yang salah satunya gak bisa dilogikain, dan selain anak-anak olimpiade, terpaksa jawab diantara A, atau B, C dan D. Mending matematika cuma hitungan semua, IPA yang ada hitungan + hapalan, kalau ada soal "tingkat internasional" gitu? Sip bener.

Dan tentunya dengan PLN yang.. Sialan, karena ketika masa UN gini yang genting banget, harus ada pemadaman listrik. Katanya sih, ada penggantian kabel-kabel listrik apaa gitu. Dan jadinya ada pemadaman bergilir hingga 1 bulan, atau hingga ( katanya ) 17 Mei. Astaga. -_-

Mungkin malam ini gue gak bisa ngetik terlalu banyak karena.... IPA. -_-
So, cya later! :)

Leave a Reply

Time of the World

Blogger TemplatesMy Blogger TricksAll Blogger Tricks

Pageviews

Video Bar

Loading...
Powered by Blogger.

- Copyright © Life of a Teenager -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -